Manfaat Judul Artikel Blog Pendek dan SEO

Daftar Isi
Manfaat Judul Artikel Blog Pendek dan SEO
Manfaat Judul Artikel Blog Pendek dan SEO

Judul merupakan kepala dari sebuah karya tulisan. Yang artinya judul adalah unsur penting yang harus diperhatikan. Karena judul menjadi salah satu unsur utama yang harus selalu diperhatikan agar pembaca dapat menyimpulkan isi dari sebuah karya tulisan. Karena sejatinya sebuah judul harus memberikan sedikit gambaran dari sebuah isi karya tulisan. Sehingga mampu membuat pembaca tertarik dan ingin membaca lagi tulisan kita selanjutnya. Hingga apa yang pembaca cari bisa ia dapatkan dari sebuah karya tulisan tersebut.

Walaupun judul hanyalah salah satu dari berapa banyak dari unsur penting dalam karya tulisan, tapi judul memiliki peran penting sebagai pokok atau utama sebagai perwakilan dari isi dalam sebuah karya tulisan. Ya, walaupun yang paling penting adalah isi dari karya tulisan tersebut, tapi jika ini dianggap remeh atau disepelekan, maka akan berakibat pembaca langsung kabur begitu saja, tidak mau melanjutkan kegiatan membacanya.

Nah, di bawah ini saya akan sedikit banyak menjelaskan tentang Manfaat Judul Artikel Blog Pendek dan SEO. Check!

Manfaat Judul Artikel Blog Pendek dan SEO

A. Lebih Berkesan dan Membuat Penasaran

Judul sebaiknya menggunakan kata yang singkat, padat, dan jelas seperti ciri-ciri sebuah pengumuman jika dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Ternyata ini akan menjadi masalah jika dalam kita menentukan judul dalam sebuah karya tulisan terlalu panjang. Coba lihat karya tulisan yang sudah di bukukan atau dicetak. Maka sebuah judul di sana dibuat hanya 1 (satu) sampai 5 (lima) kata saja, tidak lebih kebanyakan.

B. Isi Artikel Terwakili

Kembali ke awal paragraf, dengan pemilihan judul yang tepat, calon pembaca akan mudah menyimpulkan isi dari artikel yang akan atau ia baca seperti apa. Sesuai dengan yang ia cari atau tidak. Dengan judul yang tepat, isi artikel yang sinkron akurat, maka juga akan menentukan calon pembaca tersebut kedepannya akan membaca tulisan kita lagi atau tidak. Selain itu, tampilan blog yang menarik dan rapi juga ikut mewakili.

1. Manfaat Judul Artikel Blog yang Pendek

Sisi positif dari menentukan judul artikel blog yang pendek adalah karena mesin telusur Google mengindeks kueri, keyword atau kata kunci pendek yang di masukan terlebih dahulu. Tentu artikel yang kita buat di blog akan lebih mudah ditemukan dengan memilih judul artikel blog yang pendek. Maka dari itu, saya sangat menyarankan agar menentukan judul artikel blog yang pendek dan juga tepat. Namun tak hanya itu saja, masih ada kelanjutannya di bawah, jangan sampai teman-teman hanya membaca sekilas atau setengah-setengah.

Sisi positif lain adalah jika teman-teman membuat late post manual seperti baca atau baca juga tidak terindeks sebagai kalimat yang plagiat, walaupun dari blog teman-teman sendiri. Ini sangat menguntungkan bagi kita. Tidak terlalu berpikir berat untuk membuat sebuah kalimat untuk late post atau baca juga yang tidak plagiat.

2. Akibat Membuat Judul Artikel Blog Terlalu Panjang

Ini yang sering dilupakan kebanyakan Blogger. Sisi negatif dari judul artikel blog yang panjang adalah url atau link hasil dari artikel blog yang sudah kita publikasikan akan terpotong, jika memakai permalink otomatis, bukan permalink manual yang bisa kita buat dengan sesuka hati kita. Saya beri contoh untuk link atau url artikel ini jika memakai :

1. Permalink Otomatis : https://www.jokoutomo.com/2022/11/manfaat-judul-artikel-blog-pendek-dan.html

2. Permalink Otomatis : https://www.jokoutomo.com/2022/11/manfaat-judul-artikel-blog-pendek-dan-seo.html

Keterangan :

  1. Permalink otomatis yang dihasilkan dengan BENAR dari Blogger.
  2. Permalink otomatis yang dihasilkan dengan SALAH dari Blogger.

Lalu, kenapa link atau url artikel ini bisa menjadi : https://www.jokoutomo.com/2022/11/manfaat-judul-artikel-blog-pendek-dan-seo.html?

C. Lebih Diprioritaskan Google

Teman-teman sudah menerapkan 2 cara di atas untuk menentukan judul artikel blog? Teman-teman juga sudah membaca sisi positif dan sisi negatif dalam menentukan judul artikel blog. Namun semua itu hanya akan sia-sia jika teman-teman tidak meneruskan membaca ini. Karena dari kedua pembahasan inti di atas hanyalah sebagai permulaan saja dalam menentukan judul artikel blog.

Kenapa di atas saya bisa bilang kalau usaha teman-teman sia-sia jika tidak menerapkan cara ini juga?

Justru ini yang paling pokok dibandingkan dengan kedua tulisan diatas. Teman-teman akan menentukan judul artikel blog yang panjang, tapi kaya akan SEO atau menentukan judul artikel blog yang pendek, tapi tidak kaya akan SEO?

Jawabannya sudah sangat jelas bukan? Bahwa menentukan judul artikel blog yang kaya akan SEO akan menang di halaman pencarian Google. Namun perlu diketahui juga, bahwa semua itu saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan atau hanya diterapkan sebagian saja.

Kembali lagi dengan sisi positif dari manfaat judul artikel blog pendek dan SEO maka jauh lebih bagus. Kerana mesin pencari Google pasti akan memberikan ejaan dari yang terpendek terlebih dahulu untuk kueri, keywoard atau kata kunci. Tidak mungkin mesin pencari Google akan menentukan ejaan yang langsung panjang terlebih dahulu. Saling berkaitan bukan?

Tips dan Trik Menentukan Judul Artikel Blog

1. Menentukan Judul Artikel Blog di Akhir

Sebelum ada konten artikel yang sudah jadi, jangan terburu-buru membuat judul terlebih dahulu! Namun jika hanya untuk membuat inspirasi penyusunan kata yang tepat menjadi kalimat tak mengapa. Sebaiknya lebih saya rekomendasikan dibalik saja alurnya. Cari tahu terlebih dahulu mau membuat konten artikel dengan isi seperti apa, pembahasan apa, dan lain sebagainya. Jika isi artikel sudah jadi, maka judul artikel nanti akan mengikuti. Lebih mudah menentukan judul yang tepat. Ingat! Judul merupakan kepala dari sebuah artikel.

2. Carilah Kueri, Keywoard atau Kata Kunci yang Tepat

Jika artikel sudah selesai dibuat, carilah kueri, keyword, atau kata kunci dalam artikel kalian yang paling banyak mewakili. Agar artikel kita lebih cepat diindex oleh sistem Google, kita beritahu Google secara tidak langsung. Dengan menerapkan ini, persaingan artikel blog kita dengan artikel blog lain bisa menang. Perkaya terlebih dahulu blog kalian dengan konsisten mempublikasikan artikel. Supaya kueri, keywoard atau kata kunci di blog kalian terbentuk dengan sendirinya.

3. Gunakan Kueri, Keywoard atau Kata Kunci yang Saingan nya Masih Sedikit

Jika blog kalian masih kecil, belum terlalu banyak artikel yang kalian publikasikan, jangan berharap terlalu tinggi terlebih dahulu ingin artikel yang dipublikasikan bisa langsung page one. Fokus buat lebih banyak artikel saja dulu, step by step kalian perhatikan. Karena untuk sekarang ini kita bersaing dengan blog atau website perusahaan. Yang mana semua kueri, keywoard atau kata kunci sudah mereka kuasai. Namun jangan patah semangat, kita berusaha dulu, baru melihat hasilnya. Karena menurut saya, step ini juga penting diterapkan.

Bagaimana cara menemukan kueri, keywoard atau kata kunci yang tingkat persaingannya masih sedikit?

Kalian bisa survei di penelusuran Google tentang artikel yang kalian buat persaingannya sudah banyak atau belum. Kalian juga bisa memakai tool khusus untuk mencari kueri, keywoard atau kata kunci yang persaingannya masih sedikit. Seperti memakai produk dari Google yaitu Google Trends untuk mencari kueri, keywoard atau kata kunci yang sedang trend atau paling banyak dibahas. Saya sendiri masih menggunakan cara manual memakai penelusuran Google untuk mencari kueri, keywoard atau kata kunci.

Joko Utomo
Joko Utomo Blogger | Halaman Blogger | Review Blogger | Template Blogger | Tutorial Blogger

Posting Komentar